Loading Events

« All Events

  • This event has passed.

Talkshow : Membedah Dunia Forensik Digital

March 31 @ 16:00 - 18:00

Pengungkapan sebuah tindak pidana atau perdata membutuhkan bukti yang akurat dan sah agar bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Forensik adalah penerapan suatu bidang ilmu pengetahuan dengan tujuan untuk pengungkapan suatu kasus tertentu demi penetapan hukum dan pelaksanaan hukum dari kasus tersebut dalam sistem peradilan hukum pidana dan perdata. Forensik terus berkembang menyangkut subjek forensik, proses, metodologi, hingga meluas ke bidang lain. Salah satunya, muncul istilah komputer forensik atau forensik digital.

Forensik digital adalah ilmu yang menganalisa barang bukti digital sehingga dapat dipertanggungjawabkan di pengadilan. Barang bukti digital merupakan hasil ekstrak dari barang bukti elektronik seperti personal computer, mobile phone, notebook, server, alat teknologi apapun yang mempunyai media penyimpanan dan bisa dianalisa.

Ahli forensik digital merupakan tenaga profesional yang memiliki kapabilitas untuk membawa barang bukti elektronik sampai dengan ke pengadilan. Pada saat ini, ahli forensik digital mulai banyak dicari pelaku industri di sektor swasta (private sector) sehingga kebutuhannya makin meningkat.

Tujuan diadakan Talkshow kali ini adalah memberikan edukasi terhadap masyarakat mengenai forensik digital sehingga bisa memberikan wawasan mengenai proses forensik digital, peluang pekerjaan forensik digital, peluang industri jasa forensik digital, dan dapat memenuhi kebutuhan tenaga ahli forensik digital di Indonesia.

Tema yang dibahas adalah “Membedah Dunia Forensik Digital”. Berikut ini sub tema yang akan dibahas dalam talkshow :
1. Deskripsi forensik digital
2. Jenis – jenis forensik digital
3. Mengapa harus menggunakan forensik digital
4. Deskripsi profesi forensik digital
5. Proses forensik digital
6. Contoh kasus penyelesaian dengan forensik digital
7. Perkembangan teknologi forensik digital saat ini
8. Tantangan pekerjaan di bidang forensik digital

Pada talkshow kali ini moderator kita adalah bapak Atmaji Sapto Anggoro (lahir di Jombang, Jawa Timur, 4 Oktober 1966; umur 54 tahun) Beliau adalah anggota pendiri PANDI dan mantan Sekretaris Jenderal APJII periode 2012-2015. Ia merupakan pendiri media monitoring Binokular, portal berita Tirto.id dan juga Padepokan ASA yang bergerak di bidang sosial, pendidikan dan kebudayaan. Sepanjang kariernya, beliau telah menerbitkan dua buah buku, ‘Legenda Media Online (detikcom); dan ‘Mantra Justru’.

Narasumber kita kali ini adalah Bapak Ruby Zukri Alamsyah (lahir di Jakarta, 23 November 1974; umur 46 tahun) Beliau merupakan seorang ahli digital forensik Indonesia. Ia sering menjadi saksi ahli di persidangan dan juga sebagai pelatih sekuriti TI. Saat ini Ruby salah satu orang Indonesia yang bersertifikasi forensik digital internasional dan merupakan satu-satunya orang Indonesia sekaligus orang Indonesia pertama yang menjadi anggota International High Technology Crime Investigation Association (HTCIA).

Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta membuat kita semua semakin peduli akan Dunia Forensik Digital dan juga Keamanan Siber.

Details

Date:
March 31
Time:
16:00 - 18:00
Event Categories:
,
Event Tags:
, ,
View Event Website

Venue

Online Venue
Indonesia

Organizer

Pandi Institute
Phone:
+62 21 30055777
Email:
teknis@pi.id
View Organizer Website
Shopping Basket